OPTIMALISASI KAPASITAS STASIUN KERJA DENGAN PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS (TOC)

Desy Rahmawati, Puryani Puryani, Eko Nursubiyantoro

Abstract


CV  Tunas Jaya Abadi adalah perusahaan yang memproduksi kotak makan  (wooden lunch box) berbahan baku kayu sengon laut (albasia). Produk yang dihasilkan berukuran 165 x 118 x 1,7 mm dan 193 x 118 x 1,7 mm. Proses produksi  yang dilakukan adalah make to order repetitif.  CV Tunas Jaya Abadi memiliki permasalahan dengan kapasitas produksi yang menyebabkan pesanan tidak terpenuhi. Lantai produksi terdapat stasiun kerja bottleneck pada stasiun kerja sanding/penghalusan. Penumpukan tersebut terjadi karena perbedaan waktu standar dan kapasitas maksimum pada stasiun kerja sebelumnya. Penelitian ini digunakan metode Theory of Constraints (TOC) untuk mengatasi stasiun kerja yang mengalami bottleneck.  Perhitungan kapasitas maksimum setiap stasiun kerja didapat hasil bahwa stasiun kerja 7 memiliki kapasitas lebih sedikit dibanding stasiun kerja sebelumnya. Pemecahan masalah bottleneck pada stasiun kerja 7 terdapat dua alternatif solusi, yaitu dengan overtime atau penambahan shift kerja. Setelah dianalisis dari permasalahan yang ada maka untuk mengatasi bottleneck pada stasiun kerja 7 dilakukan penambahan shift kerja dari 1 shift menjadi 3 shift kerja. Hasil dari penambahan shift kerja ini tidak terjadi bottleneck pada stasiun kerja 7.


Full Text:

PDF

References


Calm, J., 2015, Penerapan Metode Theory of Constraint untuk Mengoptimalkan Stasiun Kerja Bottleneck di PT Asahan Crumb Rubber, Tugas Akhir Sarjana Teknik, Medan, Universitas Sumatera Utara.

Dettmer, W., 1997, Goldratt’s Theory Of Constraint “A System Approach to Continious Improvement”, USA, ASQC Quality Press.

Forgarty, Blackstone, dan Hoffmann, 1991, Production & Invetory Management, 2nd Ed, South Western Publishing Co, Cincinati-Ohi.

Sinulingga, S., 2009, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutalaksana, I., 2006, Teknik Perancangan Sistem Kerja, Bandung, ITB.

Widjaja, A., 2003, “Theory Of Constraint (TOC) dan Throughput Accounting“. Jakarta : Harvarindo.

Wignjosoebroto, S., 2000, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Surabaya, Guna Widya.

Wilianto, Nazaruddin, dan Ishak A., 2015, Aplikasi Theory of Constraints (TOC) Dalam Upaya Mengoptimalkan Kapasitas Priduksi di PT. XYZ, , Vol 2, No. 2, Juni 2013 pp. 1-6.




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

   
   


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats