PERILAKU KONSUMEN DAN TREND CLOTHING (Studi Kasus Pada Perilaku Konsumen Remaja di SMPN 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta)

Nanda Laras Parahita, Reny Triwardani, Yenni Sri Utami

Abstract


Perilaku konsumen merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam pemerolehan, pengonsumsian dan penghabisan produk atau jasa, termasuk proses proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Trend berpakaian semakin kesini semakin modern, kalangan anak muda sudah mulai mengenal dan mengerti akan produk clothingan. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial dan konsep perilaku konsumen dan trend clothing. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja SMPN 1 Jetis kecamatn Jetis, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku konsumen trend clothing dan untuk mengetahui faktor keputusan pembelian pada remaja di SMPN 1 Jetis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah tentang Perilaku Konsumen dan Trend Clothing (Studi Kasus Perilaku Konsumen Pada Remaja SMPN 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta) perilaku konsumen pada mengalami perubahan dalam budaya konsumen, seperti anak remaja SMPN 1 Jetis menyukai produk brand clothing karena di tentukan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan, gaya hidup dan jarak. Sehingga menimbulkan budaya konsumen pada anak remaja SMP menjadi konsumtif akan produk brand clothing, tetapi pada remaja anak SMPN 1 Jetis ini tidak ditentukan dengan gaya berpakaian anak kota Yogyakarta Kata kunci: Perilaku konsumen, trend clothing, remaja SMPN 1 Jetis

Keywords


Consumer behavior, the trend of clothing, adolescents SMPN 1 Jetis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/paradigma.v21i2.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.